Halaman

Jumat, 24 Agustus 2012

Belanda, Delft : Si Biru dari Delft

 
Delft adalah kota mungil yang sangat menarik di Belanda. Pernahkah ketika di Indonesia kita melihat suvenir keramik warna biru dari Belanda? Yup, itu adalah produk khas kota Delft. Makanya Delft sangat terkenal dengan julukan "Delfts Blauw", seni yang berupa hand painting art di atas benda-benda keramik. Objek yang digunakan adalah berupa vas, gelas maupun piring dengan mayoritas menggunakan warna biru. Seni ini sebenarnya sudah menyebar di Belanda selatan hingga ke Belanda timur sejak tahun 1560. Namun produk dengan kualitas paling bagus pada masa itu adalah yang di produksi di Delft. Bahkan hingga saat ini branded tersebut tetap melekat erat pada kota Delft, "De Delfts Blauw". Selain berbelanja suvenir khas, masih banyak lagi yang dapat kita explore dari kota cantik ini. Laten wij gaan! Kom!
*HOW TO GET THERE
Delft terletak antara kota Den Haag dan kota Rotterdam. Maka informasi rute yang akan saya sampaikan adalah dari kedua kota tersebut.
* Den Haag-Delft:
1. Dari Central Station Den Haag naik trem no. 1 jurusan Delft Tanthoft. Turun di halte Prinsenhoff. Berjalan kaki sekitar 5 menit menuju Prinsenhoff dan pusat kota Delft. (Tiket trem 2.50 Euro)
2. -Dari Central Station Den Haag naik trem no.16 jurusan Wateringen, turun di halte Hoge Veld. (Trem 2.50 Euro)
    -Dari Hoge Veld naik bus no. 37 ke arah Delft, turun di pemberhentian terakhir: Station Delft. (Bus 2.50 Euro)
   -Jika anda malas berjalan kaki dari station Delft ke pusat kota, silahkan naik bus no.81 jurusan IKEA dan turun di Grote Markt Delft. Pada Halte pemberhentian ke-tiga maka anda sudah sampai di pusat kota Delft. ( Bus 2.50 Euro).
Tips 1:
Jika kita ingin lebih hemat dalam perjalanan maka belilah OV Chipkaart sebagai kartu sakti yang bisa digunakan untuk seluruh transportasi darat di Belanda (trem, bus, metro, kereta). Jika kita punya OV Chipkaart, harga tiap perjalanan akan dihitung pada berapa kilometer yang kita tempuh. Dan biasanya, di bawah 2,50 Euro (April 2012). Pembahasan tentang macam-macam transportasi dan OV chipkaart akan saya buatkan tulisan khusus.
Tips 2: Jangan takut berjalan kaki! Aseli, nggak akan kerasa capek karena udara di Belanda sangat dingin (saat ini sedang spring, suhu udara rata-rata 8 derajat celcius di siang hari) dan justru lebih baik kita menghangatkan tubuh dengan bergerak lebih aktif! ;)* Rotterdam-Delft-Den Haag (atau sebaliknya)
Jika kita tidak punya banyak waktu, kita bisa menyingkat perjalanan mengunjungi tiga kota ini dalam satu hari menggunakan kereta api. Kita tinggal membeli tiket kereta dari Den Haag ke Rotterdam (ataupun sebaliknya). Rute ini akan melewati kota Delft, yang tentunya sayang jika kita lewatkan. Untuk dapat diketahui, tiket kereta di Belanda berlaku untuk seharian penuh dan yang kita beli adalah rute, bukan waktu/jam keberangkatan. Jadi misal, kita beli rute Den Haag-Rotterdam, kita boleh turun di Delft dan main-main 3 jam. Lalu berangkat lagi dari Delft -Rotterdam tanpa harus membeli tiket lagi. Karena memang aturannya, kita membeli rute dan tidak tergantung waktu kapan kita menggunakannya asal masih dalam satu hari.
 
Hal ini saya alami. Waktu itu saya membeli tiket kereta dari Rotterdam-Den Haag Central Station, sedangkan dua teman saya yang ingin pulang ke Delft membeli tiket Rotterdam-Delft. Setelah berada di dalam kereta, si teman membujuk saya mampir ke Delft untuk minum chocomelk dan appel taat. Saya berusaha sekuat tenaga untuk menahan diri dari godaan chocomelk dan appel taat tersebut dengan berdalih pada teman kalau saya sudah terlanjur membeli tiket Rotterdam-Den Haag, jadi thoh saya nggak mau rugi kalau harus kehilangan beberapa Euro lagi untuk beli tiket lagi Delft-Den Haag. Kontan, teman saya yang sudah berpuluh tahun tinggal di Belanda itu langsung ketawa, dan mulai menjelaskan aturan main pembelian tiket 'rute' kereta di Belanda yang tidak bergantung pada waktu keberangkatan asalkan masih dalam satu hari. Oh ya, berhubung teman saya ada yang pegang korting kaart kereta api maka dua teman seperjalanannya pun ikut kecipratan jatah korting 40%. Harga tiket Rotterdam-DH pun jadi 3,50 Euro setelah korting 40%. Sedangkan Rotterdam-Delft jadi 2,70 setelah korting 40%. ( Harga tiket pada April 2012).
*PLACE TO EXPLORE:
1. City Centre
 
2. Gereja
Di gereja ini tempat jasad Hugo de Groot dimakamkan. Selain itu juga ada beberapa makan tokoh ternama di masa lalu.
3. Museum Prince Willems Van Oranje
4. Museum Nusantara
5. Grote Markt
6. Street Market
Setiap hari kamis dan sabtu akan ada street market di hall Grote Markt, Delft. Beraneka pedagang tumpah ruah, silahkan di absen. Mulai dari penjual bunga segar, penjual baju, penjual sepatu, hingga kedai penjual ikan haring dan ikan panggang. Haring adalah jenis ikan yang menjadi makanan khas. Orang belanda biasanya memakan nya mentah-mentah saja. Waktu itu saya pun iseng mencoba roti+ikan haring+bombay. Rasanya? Kalau anda menyukai sushi, mungkin anda akan menyukai ikan haring juga! Tapi kalau saya disuruh makan lagi, saya lebih pilih ikan panggang aja deh! ;)) But it is Okay to try Haring for me.. for once in my life time! ;) ( Harga ikan Haring+roti, 2 Euro).
7. Party
* MAKANAN
-Restoran Turky
Kapsalon lamb/Kip. Terdiri dari lambs alias daging kambing atau kip alias ayam dan patat (kentang goreng) lalu di taburin keju dan mayones di atasnya. Hmmm...sedaaap! Harga porsi kecil 3 Euro, porsi besar 6 Euro. Buat saya, porsi kecil saja udah super kenyaaang!
-Chocomelk + Appel taat
 
 
Banyak kedai kopi di Delft karena kota ini adalah kota pariwisata. Terutama ketika musim semi dan musim panas, kedai-kedai ini akan membuka teras outdoor untuk pengunjung agar bisa menikmati sinar matahari sambil minum kopi, coklat maupun bir. Tapi yang pualing saya suka adalah kedai Kobus Kuch di Grote markt belakang gereja. Appletaat dan chocomelk nya mantabh! Harga total: 6 Euro.
*SHOPPING & SUVENIR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar