Halaman

Jumat, 24 Agustus 2012

Belanda, Rotterdam :Kota Pelabuhan

  
Rotterdam adalah kota terbesar kedua di Belanda setelah Amsterdam. Terdapat empat (4) macam transportasi masa untuk mengelilingi kota ini yaitu kereta, trem, bus dan metro. Semua transportasi tersebut dapat kita naiki hanya dengan satu kartu OV chipkaart *iklan*.

Tapi kali ini saya memilih berjalan kaki untuk menyusuri pusat kota Rotterdam, Hal ini dikarenakan sight seeing alias pemandangan yang akan saya lihat dan saya rekam dalam otak akan menjadi lebih detail. Lagi pula tidak susah untuk berjalan kaki di kota ini. Selain jaraknya tidak terlalu jauh, udara dingin di Belanda memaksa kita untuk bergerak lebih aktif. Laten wij gaan! Kom!!

*HOW TO GET THERE
1. Dari Amsterdam: Naik kereta dari Amsterdam Central-Rotterdam Central. Kereta akan ada setiap 10 sampai 15 menit sekali. Harga tiket one way, full fare, 2nd class, 13,60 Euro. One way, full fare, 1st class, 23,10 Euro. (April 2012).
2. Dari Den Haag: Naik kereta dari Den Haag Central-Rotterdam Central. Kereta akan ada setiap 10 sampai 15 menit sekali. Harga tiket one way, full fare, 2nd class, 4,40 Euro. One way, full fare, 1st class, 7,50 Euro. (April 2012).
*Kalau kita punya OV Chipkaart, tinggal check in saja di counter masuk stasiun, lalu jangan lupa check out ketika telah tiba di stasiun tujuan.

Tips: Langkah pertama setiba di Rotterdam Central, temukan Rotterdam Info Cafe di Groothandelsgebouw. Tempat ini adalah pusat informasi bagi turis yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Central Rotterdam. Dibutuhkan waktu 1 menit berjalan kaki untuk menuju tempat ini dari Stasiun Central, dengan catatan, tidak nyasar. Atau kalau kita takut kesasar, temukan petugas setibanya di stasiun central dan tanyakan di mana Rotterdam info Cafe/ Tourist Information Centre. Selain dapat menayakan berbagai hal tentang tempat yang akan kita kunjungi di Rotterdam, kita juga dapat meminta peta gratis ataupun brosur-brosur tempat wisata di Tourist Information Centre ini.
 



PLACE TO EXPLORE
1. Kruiskade
Adalah sebuah shopping street dengan beragam toko, restoran dan clubs. Diantaranya adalah Oger, Akkerman, Cartier jewellry house, dan toko sepatu Shoebaloo. Jika anda ingin mencoba suasana malam silahkan ke Off_Corso, Dado ataupun Thalia Lounge.

2. Schouwburgplein

Tempat ini adalah Pathe nya Rotterdam alias bioskop. Dibangun sebagai pusat hiburan khusus untuk menonton film-film populer Hollywood. Selain itu, tepat di seberang Schouwburgplein terdapat Rotterdam Schouwburg sebagai gedung teater. Di sini kita dapat menyaksikan pertunjukan balet klasik hingga teater multimedia.

3. Lijnbaan

Lijnbaan adalah shopping street centre terpadat di Rotterdam. Kita dapat menemukan beraneka ragam toko-toko terkenal di sini. Konon katanya, Lijnbaan adalah pedestrian shopping area pertama di Eropa. Dibangun oleh J,H. van den Broek dan J.B. Bakema pada tahun 1953. Di sini kita dapat menemukan toko Diesel, Vero Moda, Mango dan Invito.

4. Stadhuisplein
 
Adalah area trotoar luas dengan restoran dan bar di sekelilingnya. Tempat ini merupakan spot bersantai bagi para turis maupun warga Rotterdam. Terdapat sebuah monumen Voor de gevallenen. Monumen ini berupa patung yang berada di tengah area, yang terdiri dari dua laki-laki, seorang perempuan, dan seorang anak. Hal ini merepresentasikan masa lalu, masa sekarang, dan masa depan (Walau saya masih nggak ngerti kenapa masa lalu simbolnya laki-laki, sedangkan masa sekarang simbolnya perempuan?!?). Patung ini didedikasikan untuk warga Rotterdam yang mengorbankan diri demi kemerdekaan negara selama perang dunia kedua.

5. City Hall
 
Dibangun oleh Henri Evers tahun 1912 hingga tahun 1920. Bangunan ini memiliki desain yang simetris dengan pintu masuk tepat di tengah-tengah.

6. WTC/Beurs
 
Adalah Bursa Efek Dunia yang dibangun sejak 1925 oleh J.F. Staal dan direstorasi kembali oleh R.B van Erk dan A.H. Verbeek di tahun 1986.

7. Cube Houses
 
 
Dibangun oleh Piet Blom 1978-1984 sebagai jembatan unik untuk menghubungkan area sibuk Blaak Station dengan Oude Harbour (Pelabuhan tua). Rumah kubus yang bentuknya asimetris ini juga dikenal sebagai Blaakse Bos. Menarik dan apik sebagai objek fotography!

8. Oude Haven (Old Harbour)
  
Pelabuhan tua ini mempunyai tautan sejarah yang panjang dengan kota Rotterdam di masa lalu. Pusat perdagangan Belanda di masa itu menggunakan pelabuhan ini sebagai akses keluar masuk dengan hubungan antar negara lain.

9. Verwoeste Stad (Devastated City)

Adalah patung dari perunggu untuk memperingati perang. Karya seni ini dibuat pada tahun 1951 . Dalam patung ini terdapat lubang di tubuh yang menyimbolkan bagaimana Rotterdam telah dicabik-cabik hingga ke jantung hati oleh Jerman. Upss...

10. Maritimme Museum
 


11. Erasmusbrug (Jembatan Erasmus)



12. Willemsbrug (Jembatan Willems)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar